Tata Cara Qurban Ala Nabi: Mari berkurban dengan kaidah yang benar

aplikasi android islami Reply Sabtu, Oktober 12, 2013
Tata Cara Qurban Ala Nabi: Mari berkurban dengan kaidah yang benar
Setiap datang bulan Dzulhijjah umat Islam disunahkan untuk melaksanakan qurban, yaitu melakukan penyembelihan hewan qurban baik kambing, sapi, unta dan lain-lain. Penyembelihan hewan qurban berbeda dengan penyembelihan pada umumnya, ada aturan tertentu yang harus diikuti sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :  
“Hari puasa adalah hari ketika orang-orang berpuasa, Idul Fitri adalah hari ketika orang-orang berbuka, dan Idul Adha adalah hari ketika orang-orang menyembelih” (HR. Tirmidzi)
Selain melaksanakan penyembelihan hewan qurban, umat Islam juga dianjurkan untuk bergembira untuk menyambut hari raya qurban ini.  
Dari Anas bin Malik Radhiallahu’anhu:“Di masa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam baru hijrah ke Madinah, warga Madinah memiliki dua hari raya yang biasanya di hari itu mereka bersenang-senang. Rasulullah bertanya: ‘Perayaan apakah yang dirayakan dalam dua hari ini?’. Warga madinah menjawab: ‘Pada dua hari raya ini, dahulu di masa Jahiliyyah kami biasa merayakannya dengan bersenang-senang’. Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘Sungguh Allah telah mengganti hari raya kalian dengan yang lebih baik, yaitu Idul Adha dan ‘Idul Fithri’ ” (HR. Abu Daud)
Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah umat Islam selesai menunaikan sholat Idul Adha. Sehingga bagi seorang muslim yang tidak memiliki uzur dan halangan hendaknya bersemangat untuk menjalankan sholat Ied ini. Saking utamanya pelaksanaan sholat Ied ini Rasulullah SAW memerintahkan wanita-wanita yang sedang haid serta wanita yang sedang dipingit untuk hadir di lapangan meski mereka tidak ikut melaksanakan shalat Id.
Kali ini saya akan membahas mengenai aplikasi tentang Tata Cara Berkurban menggunakan aplikasi android.
Tata Cara Qurban - Aplikasi ini berisi pembahasan atau tata cara qurban ala nabi yang salah satunya berisikan tentang hukum berqurban, syarat berqurban, adab-adab menyembelih, dll. Kami hanya mempublish ulang isi aplikasi ini dari ebook tata cara qurban tuntunan nabi.Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat untuk umat Muslim


Posting Komentar

Search

Komentar Terbaru

Total Tayangan Halaman

Translate