Kumpulan Aplikasi Manasik Haji dan Umrah di Android

aplikasi android islami Reply Jumat, Oktober 11, 2013

Tidak lama lagi umat islam akan berbondong-bondong melaksanakan rukun Islam ke-5, naik haji bagi yang mampu. Pada event besar umat Islam di seluruh dunia ini negara kita termasuk salah satu yang banyak mengirim peserta untuk naik haji. Bukan tidak sedikit masalah yang dihadapi peserta haji dari negara kita. Misalnya adaptasi pada iklim Arab Saudi, tersasar dan kelelahan karena tidak hafal jalan-jalannya, tidak hafal rukun dan wajib haji dan lain sebagainya. Saat ini merupakan jamannya smartphone yang bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Peserta naik haji bisa menggunakan aplikasi manasik haji. Kali ini Paseban akan memberikan empat aplikasi manasik haji dan umrah yang Insya Allah bisa membantu Anda selama proses manasik haji. Berikut empat aplikasi manasik haji dan umrah tersebut.
1. Hajj Indonesia Edition
Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang cukup lengkap. Dari keempat aplikasi yang ada di sini, Hajj Indonesia Edition yang paling banyak di download. Sebenarnya aplikasi ini bukan aplikasi baru, saat ini versinya sudah 1.0.7. Kita bisa beranggapan kalau developer memang cukup berpengalaman dalam membuat aplikasi serupa.
Aplikasi ini memiliki fitur seperti adanya Rukun dan Wajib Haji, Rukun dan Wajib Umroh, Road Map, peta sekitar Mekah dan tempat-tempat alaman haji (agar tidak tersesat), larangan-larangan haji dan Doa-doa serta istilah Haji dan Umroh. Bila dahulu peserta haji menggunakan buku panduan. Aplikasi ini terhubung ke internet karena tersedia GPS sebagai panduan Anda. Bukan hanya itu, road map pada aplikasi ini juga membutuhkan koneksi internet. Sedikit kekurangan pada aplikasi ini, ketika mendownload akan membutuhkan waktu karena aplikasi akan mendownload data base dari internet. Jika tertarik Anda bisa mendownloadnya di sini secara gratis.
2. Panduan Haji Bergambar
Aplikasi yang satu ini berfokus pada proses-proses yang Anda lakukan saat naik haji. Semua kegiatan haji tersedia pada aplikasi ini seperti Mandi GHUSL,  memakai pakain ihram, sholat dua rakaat dan lain-lain. Panduan-panduan ini dibuat secara detail dan di buat petunjuk gambarnya. Kalau dibandingan dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini lebih spesifik dan detail tidak menyediakan fitur secara umum.
Selain panduan di atas, aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti Hajj Map Guide, Cheklist For Hajj dan secara otomatis akan merotasi layar ketika Anda mengubah posisi smartphone. Tidak seperti aplikasi sebelumnya, Panduan Haji Bergambar bekerja secara offline. Untuk meondownloadnya secara gratis silahkan klik di sini.
3. Panduan Lengkap Haji dan Umroh
Panduan Lengkap Haji dan Umroh merupakan aplikasi sederhana namun cukup membantu Anda dalam melewati semua aktivitas haji dan umroh. Seperti namanya, aplikasi ini cukup lengkap untuk proses manasik haji dan umroh. Tetapi diluat itu aplikasi ini tidak menyediakan fitur lain seperti road map, GPS dan fitur tambahan lainnya. Kalau Anda pernah membaca buku panduan haji, ini seperti isi buku tersebut namun lebih disederhanakan lagi.
Aplikasi ini juga dilengkapi dengan doa-doa yang dianjurkan di baca saat sedang haji dan umroh. Selain itu juga ada penjelasan mengenai haji dan umroh seperti defenisi, syarat-syarat haji, hukum haji, amalan-amalan Haji dan Umroh dan lain sebagainya. Cocok digunakan sebelum Anda memulai kegiatan Haji dan Umroh sebagai panduan. Bila tertarik silahkan klik di sini untuk mendownload secara gratis.
4. Aplikasi Manasik Haji
Salah satu yang menjadi daya tarik aplikasi ini adalah user interface yang sederhana dan bersahabat. Background setiap halaman-halaman yang disedikan aplikasi ini menggunakan gambar-gambar Masjidil Haram, Ka’bah dan tempat-tempat terkenal lainnya. Ini membuat nuansa Haji dan Umroh semakin dekat dengan Anda.
Semua mengenai Haji ada pada aplikasi ini namun tidak selengkap aplikasi pertama. Aplikasi ini menspesifikkan diri pada deskripsi-deskripsi mengenai Haji dan  dan doa-doa. Semua data yang ada berdasarkan Al’Quran, Sabda dan Hadist. Map yang disediakan detail tetapi hanya pada tempat-tempat penting selama Anda melakukan kegiatan Haji. Tidak stersedia GPS sebagai alat bantu penunjuk arah. Sedikit kekurangan aplikasi ini, teksnya agak kecil. Bagi yang kurang jelas penglihatannya akan sulit membaca teks-teks yang ada di aplikasi ini. Kekurangan ini harus segera dibenahi karena pada umumnya dari negara kita yang Naik Haji adalah orang-prang berumur. Jika Anda tertarik silahkan download aplikasi secara gratis di sini.

Posting Komentar

Search

Komentar Terbaru

Total Tayangan Halaman

Translate