Matan Al-Fiyyah Ibnu Malik : Belajar Tata Bahasa Arab di Android

aplikasi android islami Reply Sabtu, Februari 22, 2014
Matan Al-Fiyyah Ibnu Malik : Belajar Tata Bahasa Arab di Android
Kitab ini wajib dimiliki dan dikuasai isinya bagi sesiapapun yang mengaku pakar dalam bahasa arab. Berisi 1000 bait tersaji dengan bahasa yang sangat padat singkat tidak bertele-tele dan jika dijabarkan satu bait saja akan menjadi 1 lembar, Subhanallah... Kitab ini terkenal dengan bahasanya yang sangat sulit sehingga untuk mencernanya diperlukan kitab syarah (kitab penjelasan Alfiyah) untuk memahaminya.

Kitab ini adalah yang paling tinggi tingkatannya pada jajaran kitab-kitab nahwu dan sharaf (ilmu yang wajib dikuasai untuk bisa baca kitab arab gundul yang tidak berharakat) juga kitab yang paling terkenal dikalangan santri pondok pesantren ala salafy (metode pengajaran cara dulu bukan modern). Yang mana lebih ditekankan pada penguasaan ilmu alat bahasa arab secara sempurna kemudian baru boleh memperdalam ilmu-ilmu lain seperti fiqih, aqidah dan lain-lain.

Kitab Nahwu Sharaf Alfiyah Ibnu Malik, adalah sebuah Kitab Mandzumah atau Kitab Bait Nadzam yang berjumlah seribu Bait, berirama Bahar Rojaz, membahas tentang kaidah-kaidah Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf
Pengarang Kitab Alfiyah ini, adalah seorang pakar Bahasa Arab, Imam yang Alim yang sangat luas ilmunya. Beliau mempunyai nama lengkap Abdullah Jamaluddin Muhammad Ibnu Abdillah Ibnu Malik at-Tha’iy al-Jayyaniy. Beliau dilahirkan di kota Jayyan Andalus (Sekarang: Spanyol) pada Tahun 600 H. Kemudian berpindah ke Damaskus dan meninggal di sana pada Tahun 672 H.

Karya emas beliau yang lain, yg cukup terkenal bernama Kitab Al-Kafiyah As-Syafiyah, terdiri dari tiga ribu Bait Nadzam yang juga bersyair Bahar Rojaz. Juga Kitab lainnya, karangan beliau yang terkenal bernama: Nadzam Lamiyah al-Af’al yang membahas Ilmu Sharaf, Tuhfatul Maudud yang membahas masalah Maqshur dan Mamdud. Semuanya membahas tentang  Tata Bahasa Arab baik Nahwu atau Sharaf.

Adapun Kitab Alfiyah ini adalah Kitab yang Ringkas berbentuk Nadzam, namun mencakup semua pembahasan masalah Ilmu Nahwu dengan detil. Sebagaimana beliau katakan pada Bait Muqaddimah pada Kitab Alfiyah ini: “Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu”.

Jika anda ingin download aplikasi ini di android anda silahkan ikuti link di bawah ini

Posting Komentar

Search

Komentar Terbaru

Total Tayangan Halaman

Translate