Kompilasi Hukum Islam: Kumpulan Hukum Islam di android

aplikasi android islami Reply Senin, Februari 24, 2014
Kompilasi Hukum Islam: Kumpulan Hukum Islam di android
Usaha-usaha untuk mengarahkan kepastian dan kesatuan dalam penerapan hukum Islan di Indonesia sesungguhnya telah lama dilakukan. pada zaman V.O.C., misalnya, diadakan Compedium Freijer untuk daerah Batavia serta kumpulan-kumpulan  hukum perkawinan dan kewarisan Islam untuk daerah Cirebon, Semarang dan Makassar.

Setelah Indonesia merdeka, ditetapkanlah 13 kitab fiqh sebagai referensi hukum materiil di pengadilan agama melalui Surat Edaran Kepada Biro Peradilan Agama RI. No. B/1/735 tanggal 18 Februari 1958. Hal ini dilakukan karena hukum Islam yang berlaku di tengah-tengah masyarakat ternyata tidak tertulis dan berserakan di berbagai kitab fiqh yang berbeda-beda.

Akan tetapi penetapan kitab-kitab fiqh tersebut juga tidak berhasil menjamin kepastian dan kesatuan hukum di pengadilan agama. Berbagai hal dan situasi hukum Islam itulah yang mendorong dilakukannya kompilasi terhadap hukum Islam di Indonesia untuk menjamin kepastian dan kesatuan penerapan hukum Islam di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini AI akan mengetengahkan aplikasi Kompilasi Hukum Islam yang dapat berjalan di OS android. 

Kompilasi Hukum Islam atau biasa disingkat KHI adalah aplikasi berbasis google Android OS yang bisa didownload secara gratis dan bebas koneksi internet / offline edition yang terdiri dari 3 buku beserta penjelasannya yaitu* Buku I tentang Perkawinan terdiri 170 pasal
* Buku II tentang Kewarisan / Waris terdiri 44 pasal
* Buku III tentang Kewakafan / Wakaf terdiri 14 pasal
* Penjelasan
Secara umum KHI ini berisi sekumpulan materi hukum Islam yang ditulis pasal demi pasal, berjumlah 229 pasal, terdiri atas tiga kelompok materi hukum seperti tersebut diatas [ ditambah satu pasal ketentuan penutup yang berlaku untuk ketiga kelompok hukum tersebut].
Selamat belajar buat semua

DOWNLOAD DI SINI

Posting Komentar

Search

Komentar Terbaru

Total Tayangan Halaman

Translate